oleh

Tanggapan Ditlantas Polda Metro Jaya Terkait Wacana Ganjil-Genap 24 Jam

Jakarta – Pemberlakuan ganjil-genap yang akan digelar selama 24 jam sudah masuk dalam wacana, Namun belum dilaksanakan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Rencana tersebut masih belum bisa terealisasi karena pembahasan lebih jelasnya dengan pemprov DKI belum dilakukan. Rabu, (12/8/2020 ).

Kombes Sambodo Purnomo Yogo selaku Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya mengatakan, “sampai saat ini rencana pemberlakuan ganjil-genap selama 24 jam belum mendapat informasi yang cukup.

“Terkait dengan isu atau wacana ganjil-genap 24 jam dan di seluruh ruas jalan, bahwa sampai saat ini kami dari Ditlantas Polda Metro Jaya belum mendapatkan informasi yang secukupnya terkait dengan kebijakan tersebut,” kata Sambodo pada Rabu (12/8).

Selain itu, dia juga mengatakan sampai saat ini pihaknya belum bertemu dan membahas kebijakan ganjil-genap selama 24 jam. Sehingga sambung dia belum bisa memberi komentar lebih dalam terkait hal tersebut.

Sejauh ini, dalam pelaksanaan penindakan ganjil-genap di dua hari terjadi angka penurunan sebanyak 20 persen. Pasalnya, di hari pertama pihaknya menindak 1.062 pelanggaran, baik yang ditilang melalui kamera elektronik maupun dilaksanakan secara manual.

“Sedangkan hari kedua, menjadi 847 pelanggar, jadi berkurang 20 persen dari sebelumnya,” ujar dia.

Dengan jumlah penurunan pelanggar itu, Sambodo berharap penurunan terus terjadi dalam setiap hari. Selain itu, masyarakat yang beralih ke angkutan umum dapat mengurangi beban lalulintas dari banyaknya kendaraan pribadi dan mengurangi jumlah kendaraan di jalan.

“Dengan beralihnya masyarakat ke angkutan umum, beban lalulintas yang ada di DKI semakin berkurang,” tutur dia. (Firman Ford)

Komentar

News Feed