oleh

PPKM Jawa Bali Diperpanjang Hingga Awal Tahun 2022

Warungjurnalis, Jakarta – Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa Bali hingga tiga pekan kedepan atau pada 3 Januari 2022.

Menteri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ada 10 Kabupaten/Kota di wilayah Pulau Jawa dan Bali kini berstatus PPKM level 3 yang berdasarkan pada asesmen per 11 Desember 2021 atau 7,8 persen dari total 128 Kabupaten/Kota yang ada.

Selain itu, terdapat juga 13 Kabupaten/Kota yang masuk ke dalam Level 1, tetapi 4 Kabupaten/Kota yang naik ke Level 2

“Detail Informasi yang disampaikan melalui Inmendagri yang berlaku selama 3 minggu kedepan ini,” ucap Luhut dalam konferensi persnya secara daring melalui Youtube Sekretariat Kabinet. Senin (13/12).

Meski begitu, Luhut menambahkan, penerapan PPKM yang saat ini masih terus dilakukan di Jawa Bali menunjukan menunjukkan tren hasil yang baik dan kasus aktiv yang cukup rendah.

“Penerapan PPKM yang masih terus dilakukan di Jawa Bali menunjukkan tren yang masih cukup stabil, stabil baik. Ini dapat terlihat dari kasus covid yang terus terjaga pada tingkat yang cukup rendah.” ujarnya.

Masih dalam keteranganya, Luhut juga menilai adanya penurunan penggunaan aplikasi peduli lindungi hingga 74 persen dibanding minggu lalu.

“Bahwa terdapat penurunan penggunaan peduli lindungi yang cukup signifikan di Jawa Bali. Minggu ini terdapat 74 persen kabupaten/kota di Jawa Bali mengalami tren penurunan penggunaan checkin peduli lindungi dibandingkan minggu lalu,” tambahnya.

Penurunan penggunaan aplikasi peduli lindungi ini terjadi di tiga sektor, yakni transportasi, pusat perbelanjaan dan tempat rekreasi.

Luhut meminta kepada kepala daerah dan pemangku kebijakan untuk melakukan

melakukan inforcement yang lebih masiv terkait peduli lindungi di ketiga vektor tersebut untuk memastikan mereka yang beraktivitas di publik adalah orang-orang yang sehat.

Komentar

Berita Lainnya