oleh

Lapas Narkotika Klas II A Cipinang Gelar Prison Art Show Ditengah Pandemi Covid-19

Jakarta– Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas II A Cipinang Jakarta Timur sampai saat ini menutup sementara kunjungan keluarga para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) selama pandemi. Untuk mengatasi rasa bosan para WBP, diadakan acara hiburan berupa Prison Art Show. Acara tersebut juga dihadiri artis Tagor Pangaribuan.

“Jadi sejak Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kami menutup layanan kunjungan bagi WBP. Nah walaupun mereka bisa komunikasi dengan keluarga melalui video call dengan jadwal tertentu, tetap saja mereka butuh hiburan,” kata Kalapas Narkotika Klas II A Cipinang Oga Darmawan di lokasi, Jumat (4/9).

Acara tersebut diisi pertunjukan musik oleh WBP. Ada pula penampilan kesenian gambus.

Kabag Humas Ditjen PAS Rita Aprianti mengatakan acara tersebut juga disiarkan secara langsung dalam akun Youtube Ditjen PAS Kemenkum HAM dan ditayangkan di seluruh lapas se-Indonesia.

Ini bertujuan untuk menghangkan rasa jenuh. Serta sebagai upaya untuk menjaga produktivitas warga binaan selama pandemi. Acara ini juga dapat menaikan imun mereka, karena dapat menghilangkan stres atau tekanan akibat mereka tidak dapat bertemu dengan keluarga.

“Kegiatan ini bagian dari program Ditjen PAS Kemenkum HAM. Kalau ada hiburan seperti ini, WBP senang, nantinya kan bisa meningkatkan imunitas tubuh. Karena mereka kan sejak pandemi tidak bertemu keluarga. Ini salah satu bentuk hiburan bagi mereka. Nantinya akan digelar di semua lapas,” kata dia.(Firman Ford)

Komentar

News Feed