oleh

Jenazah Gus Solah Diberangkatkan ke Jawa Timur

Jakarta– Jenazah almarhum Salahudin Wahid alias Gus Solah diberangkatkan ke Bandara Halim Perdanakusuma pada 8.38 WIB. Mobil Jenazah tiba di bandara Halim sekitar pukul 09.30 WIB lalu diterbangkan menggunakan pesawat komersial dan akan dimakamkan di Jombang, Jawa Timur.

Putra Gus Sholah, Irfan Wahid mengatakan, lokasi pemakaman berada di Kompleks pemakaman Pesantren Tebuireng yang sudah jauh-jauh hari diminta oleh Gus Sholah kepada keluarga. Selain itu, kompleks pemakaman di kawasan Pesantren Tebuireng itu juga diprioritaskan untuk para pengasuh pondok pesantren.

“Dipilihnya sudah lama dua tiga tahun sudah dipilih tempat itu, sudah dibuat rapi oleh Gus Sholah sendiri,” kata Irfan di Jalan Bangka Raya, Tendean, Mela Mampang, Jakarta Selatan, Senin (3/2/2020)

Banyak tokoh yang melayat ke rumah duka. Di antaranya, Presiden Joko Widodo, Menteri Pertahanan Prabowo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, anggota DPD Jimly Asshidiqie, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

Sebelum meninggal, mantan anggota Komnas Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) itu sempat dirawat di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta karena kondisinya kritis. Beberapa hari sebelum kritis, almarhum Gus Sholah sempat menjalani tindakan medis ablasi. Operasi itu dilakukan karena ada masalah pada selaput jantungnya.(rm)

Komentar

News Feed