oleh

Pengusaha Travel Umrah Minta Pemerintah Arab Saudi tidak Menghentikan Visa Umrah bagi Indonesia

Jakarta-Mulai 27 Februari 2020 Pemerintah Arab Saudi secara resmi menghentikan sementara penerbitan visa Umrah dan umum,guna mencegah masuknya virus Corona kenegara tersebut

Pemerintah Arab Saudi juga akan menghentikan lalu lintas keluar masuk warga negara anggota Dewan Kerja Sama Negara Teluk Arab (GCC) ke wilayahnya dengan menggunakan kartu penduduk serta meminta warganya untuk tidak berpergian sementara waktu ke negara-negara terpapar Covid-19.

Keputusan yang berdampak pada calon jemaah Umrah menuai sejumlah respon, baik dari pengusaha travel Umrah dan calon jemaah yang gagal berangkat.

Satu pengusaha travel Haji dan Umrah, Chosnan Fauzi mengaku sudah mendengar keputusan otoritas pemerintah Arab Saudi.

“Semalam kami sudah dapat informasi dari perwakilan kami di Arab Saudi. Tentu kami terkejut dengan kebijakan pemerintah Arab Saudi itu,” kata Chosnan di Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (27/2/2020).

Menurutnya keputusan tersebut tak tepat karena berdampak pada umat Islam yang hendak menunaikan ibadah Umrah.

Chosnan menilai pemerintah Arab Saudi tidak harus menghentikan sementara penerbitan visa dengan cara memperketat pengawasan medis para jamaah agar dapat beribadah dan mencegah penyebaran Corona.

“Menurut saya tidak bijak, mestinya pemerintah Arab Saudi memilah. Dalam artian warga negara Indonesia diberikan kesempatan masuk ke Arab Saudi menjalankan ibadah Umrah,” ujarnya.

Chosan berharap pemerintah Indonesia dapat mencari solusi dengan pemerintah Arab Saudi untuk mengatasi masalah tersebut.

Untuk sekarang dia masih menunggu informasi pasti dari Kementerian Agama terkait kebenaran informasi kabar penghentian visa Umrah.

Pasalnya bulan Maret 2020 mendatang pihaknya bakal memfasilitasi rombongan calon jemaat Umrah berangkat.

“Saya harap kepada Kemenag yang khusus membidangi Umrah dan Haji segera memberikan kepastian kepada kami, para pengusaha travel agar kami tidak terombang-ambing masalah ini,” tuturnya.(Adm)

Komentar

News Feed