oleh

Penghuni Lapas Cipinang Dapat Pelatihan Keterampilan

Jakarta – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Cipinang menggelar pelatihan keterampilan bagi para narapidana penghuni Lapas Kelas I Cipinang, Jakarta, pada Rabu (5/2/2020).

Untuk memberikan pelatihan dan bimbingan teknis kepada warga binaan yang telah menjalani 2/3 masa tahanan, penghuni yang mendapatkan ketentuan bebas bersyarat, dan juga kepada para narapidana seumur hidup. Sehingga warga binaan dan petugas memiliki kemampuan dalam bidang jasa yang mereka miliki.

Kepala Lapas Cipinang mengatakan, pemberdayaan terhadap warga binaan pemasyarakatan agar para napi yang mendapatkan pelatihan agar bisa memiliki keterampilan yang mandiri ketika mereka bebas nanti. selain itu hasil produksi yang mereka kerjakan dapat dijual keluar yang dapat memberikan kontribusi terhadap pemenuhan kebutuhan Lapas.

“Narapidana yang mendapatkan pelatihan diharapkan memiliki keterampilan untuk modal mereka mencari kerja, jika mereka bebas nanti. kualitas tenaga kerja mantan narapidana tidak kalah dengan pekerja lainnya”, ujar Hendra Eka Putra Kalapas Kelas I Cipianang, Jakarta Timur.

Sementara itu, di Lapas Kelas I Cipanang memiliki empat workshop yang ditempatkan tidak jauh dari sel mereka, yakni workshop membantik, workshop batu akik, workshop pembuat bangku dan workshop Sasana Krida.

Narapidana yang mendapatkan pelatihan meras senang dan terbantu, Irfan misalnya. Irfan merasa senang dan terbantu adanya program binaan pelatihan yang diselenggarakan pihak lapas bagi para napi disini.

“semoga kedepanya pihak lapas menambah kegiatan dan pelatihan semacam ini, karena pelatihan keterampilan menjadi modal bagi para napi setidaknya dapat membantu jika bebas nanti”, ujar Irfan.

Seluruh warga binaan yang telah mengikuti keterampilan diharapkan menjadi tenaga yang terampil dan kedepanya dapat diberikan kesempatan di seluruh badan usaha yang memerlukan tenaga terampil mereka. Sehingga mereka akan mendapatkan kesempatan untuk bekerja. (ER)

 

Komentar

News Feed