oleh

Hujan Deras Pemukiman Cipinang Melayu terendam banjir 80 Sentimeter

Jakarta– Hujan deras yang mengguyur kawasan Jakarta dan sekitarnya sejak Sabtu (15/2/2020) malam membuat aliran Kali Sunter di Kecamatan Makasar meluap.

Rosikin (42) warga RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu, mengatakan air mulai menggenangi permukiman warga pada Minggu (16/2/2020) pukul 15.30 WIB.

“Dari tadi malam air sudah mulai meluap, tapi enggak parah. Kalau yang sekarang banjirnya lebih dalam karena hujan deras dan air kiriman,” kata Rosikin di Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Minggu (16/2/2020).

Derasnya hujan dan debit kiriman dari Bogor dan Depok membuat tinggi air yang merendam permukiman warga RW 03 dan RW 04 naik dalam waktu singkat.

Sejak pukul 16.00 WIB puluhan warga sudah bersiap memindahkan sepeda motornya dan memindahkan barang elektronik mereka.

“Kalau enggak cepat dipindahkan nanti repot. Namanya air kan naiknya enggak bisa diprediksi, apalagi kalau hujan makin deras,” ujarnya.

Rosikin menuturkan warga memindahkan sepeda motor ke Jalan Haji Amsir yang lebih tinggi dan dekat Jalan Kalimalang.

Sejumlah warga lanjut usia didampingi anggota keluarganya pun bersiap mengungsi ke rumah tetangga yang letaknya lebih tinggi.

“Warga yang sudah mulai mengungsi sih ada, tapi belum banyak. Karena tinggi air kan belum satu meter juga, biasanya pas air sudah satu meter lebih baru mengungsi,” tuturnya.

Pantauan www.warungjurnalis.com, hingga pukul 17. 35 WIB tinggi air di permukiman warga RW 04 berkisar 80 sentimeter dan tampak berangsur naik.(FF)

Komentar

News Feed