oleh

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad Mengundurkan Diri lalu Diangkat Menjadi PM Sementara

Malaysia -Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad tiba-tiba mengundurkan diri pada Senin (25/2/2020) Pengunduran diri Mahathir juga disampaikan melalui akun twitter sang PM tersebut.Belum diketahui jelas alasan perdana menteri yang berusia 94 tahun tersebut mengundurkan diri , tapi analis dan laporan media lokal berspekulasi terkait masalah suksesi kemungkinan menjadi isu sentral.

Sementara setelah mengundurkan diri beberapa jam kemudian ,Mahathir dilaporkan kembali berkantor di Putrajaya, setelah ditunjuk menjadi perdana menteri sementara (interim) oleh Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agung Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah. Sebagai PM sementara, Mahathir akan terus mengawasi pemerintahan di negara itu sampai penunjukan PM dan kabinet baru.

Seperti dilansir Free Malaysia Today, Selasa (25/2), Mahathir terlihat kembali beraktivitas di kantor perdana menteri Malaysia di Putra Perdana, Putrajaya. Dia sempat melambai dari dalam mobil kepada awak media yang menunggunya.

Pengunduran diri Mahathir memicu pecahnya koalisi partai-partai yang memerintah negara itu selama kurang dari dua tahun. Koalisi Pakatan Harapan, secara tak terduga memenangkan pemilihan umum terakhir pada 2018, setelah menggulingkan koalisi saingan yang telah memerintah Malaysia selama 61 tahun sebelumnya.

Sebelum pemilihan umum terakhir pada 2018, Mahathir telah berjanji bahwa Anwar Ibrahim – anak didiknya yang menjadi lawan sebelum keduanya berdamai – akan menggantikannya sebagai PM.

Beberapa laporan media sejak saat itu mengatakan pria berusia 94 tahun itu menghadapi tekanan dari pendukung Anwar untuk menetapkan batas waktu untuk menyerahkan kekuasaan.

Mahathir sering mengatakan dia perlu waktu untuk mengurangi hutang pemerintah dan mengelola negara sebelum mengundurkan diri. Tapi dia tampaknya menolak untuk berkomitmen terkait tenggat waktu kapan harus menyerahkan kekuasaan, dan itu menimbulkan kekhawatiran di kalangan analis dan investor tentang masa depan Malaysia.(adm)

Foto via Twitter Dr Mahathir Mohamad

Komentar

News Feed