oleh

Obat Flu Merk Avigan Buatan Fujifilm Jepang Efektif Lawan Virus Corona

Jakarta-China menyebut obat flu bernama favipiravir yang dijual dengan merk Avigan buatan Fujifilm Toyama Chemicals, efektif mengobati pasien virus Corona.Pemerintah China pun merekomendasikan obat tersebut.

“Obat ini sangat aman dan efektif dan tidak ada efek samping,” kata Zhang Xinmin, Direktur Pusat Pengembangan Bioteknologi Tiongkok, seperti dikutip Nikkei Asian Review, Rabu (18/3).
Fujifilm Toyama mengembangkan obat tersebut pada 2014 dan sejak Februari 2020 telah diberikan kepada pasien Covid-19 di Jepang.

Sedangkan ujicoba obat favipiravir secara klinis terhadap 200 orang pasien di Wuhan dan Shenzen menunjukkan pasien yang menerima obat tersebut langsung dikonfirmasi negatif Covid-19 hanya dalam waktu 4 hari.

Menurut Zhang, pasien yang memakai favipiravis dites negatif setelah empat hari. Sementara pengguna obat lain 11 hari.

Sementara itu, dari percobaan klinis di Wuhan, pasien yang diobati favipiravir sembuh dari demam dalam 2,5 hari. Sementara pasien lain 4 hari.

Gejala batuk membaik dalam 4 hari, lebih awal dibanding mereka yang tidak minum obat. Avigan sendiri, diatur khusus oleh pemerintah Jepang, di mana ia hanya bisa digunakan jika influenza jenis baru muncul.

Pasalnya ada studi yang mengatakan ia rentan membuat kegagalan janin. Tapi hal ini tak dijelaskan Zhang.

Sementara itu, kini China dikabarkan mulai memproduksi favipiravir secara serius. Namun Fujifilm mengatakan perusahaan tidak ikut dalam uji klinis itu.

Komentar

News Feed