oleh

Jumlah Penumpang terjangkit Virus Corona di Kapal Pesiar Jepang bertambah 60 menjadi 130 Orang

Jakarta– Kementerian Kesehatan Jepang mengatakan 60 penumpang lainnya di kapal pesiar Diamond Princess yang tengah berada di perairan Yokohama Jepang terinfeksi virus corona pasca menjalani pemeriksaan medis, jumlah ini meningkatkan total penumpang yang terjangkit virus 2019 nCoV menjadi 130 orang , sesuai laporan dilansir dari Washington Post Senin (10/02/20) . Penumpang yang terjangkit akan dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk menjalani pengobatan.

Desakan agar Pemerintah Jepang melakukan pemeriksaan medis terhadap seluruh orang sejumlah 3700 penumpang yang berada di kapal pesiar itu terus berdatangan, desakan makin menguat setelah Otoritas Hongkong mengumumkan berhasil melakukan pemeriksaan tes corona terhadap seluruh penumpang kapal pesiar lain sebanyak 1800 orang dan apabila hasilnya negatif maka penumpang diperbolehkan turun dari kapal .

Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato yang awalnya bersikeras melakukan tes hanya terhadap penumpang dan kru yang menunjukkan gejala virus atau disinyalir berrisiko tinggi , pada Senin ini mulai melunak dan mengatakan pemerintah sedang mempertimbangkan untuk melakukan tes terhadap seluruh penumpang dan kru sebelum mengijinkan mereka turun dari kapal pasca berakhirnya masa karantina selama 14 hari dalam rangka mencegah penyebaran virus tersebut di Jepang .

Sebagian penumpang mendesak untuk diperbolahkan turun dan pulang kerumah karena takut akan terinfeksi bila tetap berada di kapal tersebut.(RM)

Kapal Pesiar Diamond Princess di perairan Yokohama Jepang , Foto : Kim Kyung Hoon /Reuteurs

Komentar

News Feed