oleh

Hari ini Asteroid Raksasa Melintasi Bumi, Berbahayakah?

Jakarta – Hari ini Sabtu 15 Februari 2020 asteroid raksasa diprediksi akan melintasi Bumi sekitar pukul 06.05 pagi waktu Amerika serikat.

Asteroid dengan nama resmi 2002 PZ39 berdiameter sekitar satu kilometer dengan kecepatan sekitar 43 ribu mil per jam dan jarak terdekatnya ke bumi sekitar 15 kali jarak ke bulan.

Benda angkasa ini disebut sebagai salah satu asteroid killer atau pembunuh karena bisa menghancurkan satu benua dan memicu gempa bumi hingga tsunami

Untungnya ilmuwan menyebut asteroid besar itu hanya berdekatan saja dengan Bumi.

Tidak ada risiko atau bahaya,” ujar Direktur Center for Near Earth Objects Studies di NASA, Paul Chodas seperti dikutip Boston Herald, Jumat (14/2/2020).

“Kami telah memantau asteroid ini selama beberapa tahun, dan sudah memahami orbitnya,” lanjut Chodas.

Pernyataan NASA sekaligus membantah paranoid yang tersebar di dunia maya terkait asteroid itu.

Selain hari Sabtu ini ,asteroid ini akan kembali mendekati Bumi pada Selasa pekan depan karena orbitnya bersinggungan dengan orbit Bumi. Pada Selasa jaraknya hanya 251.000 mil dari Bumi.

Pemerintah AS menambahkan asteroid ini juga dapat dibelokkan menggunakan pesawat ruang angkasa yang dirancang untuk mengubah orbit asteroid sedemikian rupa sehingga tidak menabrak Bumi.

“Amerika Serikat juga harus bersiap untuk mengelola dampak asteroid ini guna pencegahan sesuatu yang tak diinginkan,” ujar Gedung Putih seperti dilansir dari Express.co.uk.

Foto :Ilustrasi

Komentar

News Feed