oleh

Stok Menurun,Harga Bawang Putih Naik

Jakarta – Harga bawang putih di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, sejak beberapa hari belakangan ini terus merangkak naik. Stok yang ada pada Senin (3/2) hari ini yang 4 ton, dipastikan harga salah satu kebutuhan pokok ini akan terus meroket.

Syamsul, 44, pedagang di pasar Induk Kramatjati yang menyebut harga bawang putih sejak dua pekan belakangan ini terus naik. Dan Senin (3/2) harga bawang kembali naik menjadi Rp42 ribu. “Sebelumnya cuma Rp38 ribu, cuma hari ini naik lagi,” katanya saat ditemui di pasar Induk Kramatjati, Senin (3/2).

Dikatakan Syamsul, ia pun memprediksi harga itu akan kembali naik pada hari ini. Hal itu disebabkan karena stok yang ada sudah mulai menipis sementara kiriman tak kunjung datang. “Seperti biasa saja, kalau barang nggak ada pasti jadi mahal. Apalagi dari kemarin sudah nggak ada kiriman bawang lagi,” ujarnya.

Saat ini, kaya Syamsul, ditempatnya berjualan stok bawang putih terus menipis. Dimana ia hanya memiliki 20 karung bawang putih yang merupakan stok beberapa hari lalu. “Ini kalau dijual ya pasti tinggi, karena barangnya langka. Makanya paling saya jual cuma untuk langganan saja,” ujarnya.

Atas kondisi itu, Syamsul berharap pemerintah mulai memberi perhatian untuk mencegah harga bawang putih kembali meroket. Caranya dengan menambah pasokan bawang putih impor agar stok tetap terjaga. “Kalau ngga ditambahin stoknya bisa tambah tinggi harganya. Kita juga yang repot, nggak ada yang beli barang,” sambungnya.

Terkait hal itu, Kepala Pasar Induk Kramatjati Agus Lamun mengatakan, saat ini stok bawang putih ditempatnya memang terus menipis. Dimana untuk Senin (3/2) stok bawang putih yang ada hanya tersisa 4 ton yang berbeda jauh dari hari sebelumnya yang mencapai 16 ton. “Turunnya cukup banyak, mudah-mudahan masih bisa diatasi,” ujarnya.

Atas kondisi itu, Agus berharap pemerintah membantu memfasilitasi agar stok yang ada hari ini ditambah. Karena bawang putih sendiri itu kewenangan pemerintah, dipihaknya berharap dilakukan penambahan. “Bawang putih itu kan tergantung impor dari Cina. Kami berharap pemerintah kendalikan lagi impor bawang putih,” pungkasnya.(Firman)

Komentar

News Feed